» , » Mengenal kerja Siklus Activity Aplikasi Android

Mengenal kerja Siklus Activity Aplikasi Android

Masih berlanjut ke seputar Pemrograman Aplikasi android, Bila artike sebelumnya admin telah mengulas secara sederhana tentang konsep umum aplikasi bisa berjalan di smartphone android, sekarang waktunya membahas lebih dalam alur activity dari segi status atau metode-nya. Maksudnya admin akan membahas tentang siklus Activity yang fungsinya sangat vital berkaitan dengan sukses tidaknya pembuatan sebuah program aplikasi android. 
Ketika suatu aplikasi berjalan ada beberapa aktivitas ( daalam bahasa program disebut activity ) yang saling berkaitan satu sama lain. Selama berjalannya aplikasi, activity bisa saja mempunyai 2 atau lebih status. Dan setiap status dikontrol oleh sistem itu sendiri. Namun di antarmuka bahasa program setiap status bisa ditangkap setiap perubahannya melalui sebuah Metode ( Method ) yang biasa dijabarkan sebagai Method onXX().

siklus activity aplikasi android

Untuk Lebih jelas bagaimana setiap status yang bisa diaplikasikan ke dalam bahasa program, silahkan simak ulasannya di bawah ini.
  • 1. onCreate(Bundle)
Status ini selalu dipanggil oleh sistem pertama kali ketika aplikasi dijalankan. Fungsi lain dari onCreate(Bundle) ini berguna untuk mendeklarasikan sebuah Variable atau juga sarana membuat user interface ( UI ).
  • 2. onStart()
yaitu siklus status yang mengindikasikan sebuah aktivity yang ditampilkan ke pengguna aplikasi ( user )
  • 3. onResume()
Fungsi status ini dipanggil saat sebuah aplikasi mulai berinteraksi dengan pengguna. salah satu contoh penggunaan status activity onResume biasa disematkan ketika meletakkan sebuah musik atau animasi bergerak.

  • 4. onPause()
status ini biasanya dipanggil oleh sistem ketika aplikasi yang dijalankan kembali ke halaman atau menu sebelumnya. atau juga bisa ada suatu avtivity baru yang dijalankan. Pengaplikasian di dalam bahasa program sangat berguna untuk meletakkan algoritma save ( penyimpanan )
  • 5. onStop()
status activity ini dipanggil ketika aplikasi sedang berjalan di background layar dalam waktu yang cukup lama.
  • 6. on Restart()
activity ini dijalankan setelah status Stop dari sebuah activity yang berjalan.
  • 7. onDestroy()
Metode ini dipanggil saat aplikasi memang benar-benar berhenti.
  • 8. onSaveInstanceState(Bundle)
Dalam metode ini sebuah activity diijinkan untuk menyimpan status intance, semisal dalam proses mengedit sebuah teks.
  • 9. onRestoreInstanceState(Bundle)
Metode ini dipanggil saat activity kembali menginisialisai status sebelumnya yang telah disimpan oleh metode onSaveInstanceState(Bundle)

Nah, dari beberapa metode setiap status yang admin jabarkan diatas tentunya sangat penting bagi setiap programmer aplikasi android mengetahui kegunaan dan fungsi implementasinya dalam membangun sebuah aplikasi. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...