» , » Indikator Baterai Penuh tapi HP Mati sendiri, apa sebabnya ?

Indikator Baterai Penuh tapi HP Mati sendiri, apa sebabnya ?



Mungkin anda pernah mengalami kejadian ketika status tanda baterai di layar smartphone masih full tapi tiba-tiba android mati dengan sendirinya. namun ketika sambungan daya atau charge sudah dihubungkan maka smartphone nyala dengan normal dan tidak mati lagi. Sebenarnya apa yang terjadi ?, apakah HP rusak ataukah baterainya yang memang harus minta ganti baru ?, silahkan simak ulasannya di bawah ini.

indikator baterai

Penggunaan smartphone android memang tidak terlepas dari daya serap arus baterai yang tinggi. Didukung lagi berbagai aktifitas multitasking penggunannya seperti melakukan pengetikan, mendengarkan musik, berselancar Internet dan segala aktifitas lainnya secara bersamaan tentu akan menguras isi baterai dengan cepat.

Walau saat ini sudah banyak beredar produk baterai dengan daya double power ( daya lebih dari standart bawaan ponsel ), namun yang namanya pengguna pasti ada saja keluhan tentang masalah baterai ponsel. Nah, menjawab petanyaan pada topik pembicaraan diatas, sebenarnya apa yang umum menjadi masalah ketika ponsel masih menunjukkan sekian persen baterai masih tersisa ( lebih dari 50 persen ) namun tiba-tiba HP mati dengan sendirinya seperti kekurangan daya ( habis daya baterainya ) ?

Perlu diketahui, sebenarnya di perangkat ponsel pintar sekarang ini sudah begitu presisi-nya mengukur atau mengkalibrasi daya baterai yang digunakan. Ada sistem handle yang memang ditugaskan mendeteksi keluar masuk arus pada komponen-komponen didalamnya. Sistem Bios yang mengatur segala urusan IO ( input-output) sudah disetting sedemikian rupa agar penggunaan daya baterai bisa ditampilkan di layar pengguna.

Namun sebuah sistem memang tidak ada yang sempurna, sperti halnya sistem deteksi daya baterai pada perangkat smartphone. Ketika pengguna ponsel melihat dilayar masih tertera status daya yang cukup banyak namun kenyataannya ponsel mati dengan sendirinya, sebenarnya ada beberapa sebab dan kemungkinan yang bisa terjadi, salah satu sebabnya dan permasalahnnya di bawah ini.


1. Baterai ponsel DROP

Kejadian dan permasalahan baterai drop pada ponsel sudah menjadi jawaban yang paling utama dalam permasalahan ini. Ketika ponsel android tiba-tiba mati padahal status tanda baterai di layar masih full atau lebih dari 50 persen maka ada kemungkinan baterai anda sudah drop atau ada kerusakan pada sirkuit baterai itu sendiri. Langkah i=untuk mendeteksi kemungkinan hal ini benar atau tidak sebenarnya mudah, silahkan coba meminjam baterai yang sejenis dengan baterai di ponsel anda, entah milik teman atau family, ketika baterai yang normal anda pasang dan tidak terjadi lagi mati mendadak maka hal yang harus anda jadikan 'tersangka' adalah baterai anda. Saatnya untuk mengganti baterai dengan yang baru.

2. Sistem Malfunction.

Bila baterai coba diganti namun tetap saja mati dengan sendirinya ketika tanda pada layar masih penuh maka kemungkinan sistem di smartphone sudah corrupt atau tidak bekerja sebagaimana mestinya dalam mendeteksi alur input output di perangkat android anda. Langkah yang sepatutnya dilakukan untuk menyelesainak permasalahan sistem adalah dengan melakukan Reset ulang sistem ke dalam keadaan defaultnya ( reset factory ). Dan bila dengan melakukan reset tidak berhasil, silahkan lakukan flashing firmware agar sistem kembali di fresh install.



3. Hardware bermasalah.

Untuk kasus yang ketiga inilah yang memang bisa bikin pusing pemilik smartphone. Keadaan perangkat atau komonen di dalam ponsel yang sudah rusak atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya memang mengharuskan pengguna membawanya ke service center atau tukang service ponsel untuk melakukan repair komponen.

Dari ketiga kemungkinan dan pemecahan masalah diatas semoga dapat memberikan gambaran tentang bagaimana mengatasi masalah pada smartphone android yang tiba-tiba mati dengan sendirinya walau indikator baterai masih penuh. Semoga ulasan diatas bermanfaat.
loading...

148 komentar:

  1. aku mau tanya dong, iphone 5ku sering mati nyala sendiri. nanti kalo dibiarin nyala lagi tp nanti mati lagi. tp notification tetep masuk. kayak redup gitu layarnya tp lama kelamaan lyarnya normal lgi dan kadang mati sendiri..... kl batre dibawah 50%, dan kalo dihidupin bisa cuman sampe homescreen terus mati lagi. bisa normal lagi kl disambi cas. tapi itu cuman kadang kadang doang matinya. padahal batre baru ganti + charger juga baru.? masalahnya dimana ya? mohon bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba lakukan soft reset, atau juga bisa langsung dilakukan hard reset agar sistem kembali fresh...namun bila tetap error, silahkan lakukan flashing firmware ulang. bila setelah dilakukan flashing masalah tetap seperti diatas maka ada sebab lain di hardware/komponennya dan harus dibawa ke service center

      Delete
  2. saya punya masalah nih Hp saya sering mati tiba-tiba padahal battery masih +50%, trus pas mau saya restart lagi malah disuruh untuk ngecas, itu gimana ya gan? Tolong infonya thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bila yakin baterai masih oke atau sehat maka coba lakukan reset atau restore factory. Untyk meyakinkan baterai tidak bermasalah atau ponselnya yg tidak bermasalah bisa pinjam baterai sejenis dari ponsel teman, bila ternyata tetap bermasalah bisa dilakukan flashing ulang atau cek hardware ponsel di service center

      Delete
    2. Maksudnya flashing ulang tu gimana ya?

      Delete
  3. Mohon petunjuknya, aya ganti baterai doble power karena yg sebelumnya menurut saya udah ga layak pakai karena boros, eh pas saya ganti doble power masi tetep boros kaya sebelumnya, itu kira2 masalahnya ada di mana ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada beberapa sebab borosnya baterai, bisa karena tingginya kinerja hardware, kerusakan hardware, banyaknya app yg berjalan di background dan lain sebagainya... atau bisa juga baterai double power yg terpasang tidak mengeluarkan output dan ampere yang dispesifikasikan..

      Delete
  4. Mohon bantuan, hp saya mati sendiri waktu dihidupkan. Lalu waktu saya hidupkan lagi batterainya habis, padahal sebelum mati baterai masih full

    ReplyDelete
  5. gan hp saya asus zenfone c itu kadang2 mati/restartsendiri(baterai masih banyak), tapiii saat digunakan sambil di cas hp normal, nah itu solusinya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak penyebab untuk hp yg tba2 mati sendiri, bisa karena software maupun masalah hardwarenya. Bila yakin sistem tidak bermasalah, silahkan coba pinjam baterai sejenis dari ponsel lain, bila tetap mati namun normal ketika digunakn dengan charge maka bisa dipastikan sistem atau hardware didalam hp yg bermasalah. Coba dahulu reset ke pengaturan awal mas.

      Delete
  6. mau tanya mas, hp sy LG G3 pada saat hp lagi digunakan tiba tiba cahayanya redup makin lama tiba2 mati tapi bukan mati mesin ketika ditunggu beberapa lama di knock muncul lagi layarnya. tks

    ReplyDelete
  7. Mas mohon petunjuknya, hp saya smartfren andromax c3 saat saya gunakan tak lebih dari 30 menit tiba2 mati sendiri, padahal baterainya 70%, ketika dihidupkan lagi hanya sampai logonya saja, bisa hidup lagi jika baterainya dicopot dan didiamkan beberapa menit lagi, tpi tetap saja gejala di atas masih ada. Memang sih baterainya sedikit melembung (tidak parah), tpi apakah hanya masalah pada baterainya saja atau ada masalah pada bagian lainnya juga? Mohon pecerahannya dan solusinya ya mas, makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bila ketika dihidupkan lagi hanya sampai logo dan mati bisa ada masalah pada baterainya karena kekurangan daya. Bila kejadiannya ketika hidup sampai logo lalu mati dan restart dengan sendirinya sampai logo lagi berarti proses Bootloop yg terjadi, biasanya dengan melakukan reset ulang bisa diatasi masalah itu.
      saran saya, coba dahulu pinjam baterai yang sejenis (jangan beli dulu), kemudian coba pasang di ponsel mas bagus, bila normal berarti memang baterai yang harus diganti.

      Delete
  8. Mau nnya gan , batre ane baru (double power) masalahnya sama kya di ats . Indikator batre tidak sesuai dengan aslinya . Itu yg bermasalah batrenya apa hh ane gan? Batre ane kan baru .. posisi hh andromax c2 , apakah cocok pakai double power gan? Makasih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baterai double power cocok smua mas dngan smua tipe hp. Klo kjadian sperti yg mas critakan silahkan melakukan kalibrasi baterai dulu.

      Delete
  9. Saya kan cash hp saya heh tiba"sudah penuh dan pas saya mainin sebentar eh habis dan mati sendiri??gimana tuh gan

    ReplyDelete
  10. Kalau baterainya kembung habis itu, ponsel/hanya mati sendiri, apa baterainya yng memang bermasalah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bner mas, kmungkinan besar baterai kembung yg sudah tidak fungsi maksimal

      Delete
  11. Gan kenapa ya? Tab (unibody) ane baru beli april lalu suka mati dan tiba2 baterai abis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa bbrapa sbab, bisa jadi klo baterai msih bagus tp sring hbis krena bnyaknya aktifitas aplikasi yg berjalan, sinyal yg bermasalah dan bbrapa sebab lainnya

      Delete
  12. Mas asus zenfone 4 saya tiba2 mati trus di charge full tp pas di lepas charger malah mati , saya coba reset factory tp tetap sama aja malah sering mati lg walaupun kondisi di charge. Mohon bantuan tutorial lengkap cara memperbaiki nya. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudahkah diperikasa baterainya ?, coba dulu dengan baterai lain siapa tahu baterainya yang memang bermasalah

      Delete
  13. Gan, hp saya baterenya masih 90%. Tapi tiba - tiba mati begitu aja, ketika saya charger malah HPnya gak mati sama sekali. Tapi kalo chargernya dicabut, hpnya langsung mati lagi. Itu kira - kira solusinya gimana ya gan ?

    ReplyDelete
  14. Hp ku samsung btre bawaan ny sudah kembung trus aq gnti sama yg bru tdk ada masalah trus kmbung lg aq ganti lg nah yg skrang knapa ya btre masih 30% kadang langsung mati trus aq penasaran aq beli lg btre yg baru eh trnyta sama. Saja kadang dari 20 langsung ke 3% itu apa ny ya hp ny apa btre ny yg gk ori

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba lakukan reset dahulu, bila kejadian baterai indikator tetap seperti itu bisa terjadi kerusakan pada sirkuit atau komponen di dalam ponsel

      Delete
    2. IPhone 4s ane abis ganti baterai baru,tp ketika batre 70% bisa mati sendiri lalu dihidupin ga bs lg, hanya kluar gambar charge merah, tp setelah di cas langsung hidup lg.setelah cas dilepas beberapa menit lalu mati lg, gmn ini? Mohon bantuannya suhu.
      .

      Delete
  15. Tolong bantuin.... hp q sering mati sendiri. Tapi batre masih 89 persen. Saat ngidupin layarnya hidup lalu mati lagi dan hidup lagi dan terjadi berulang ulang. Please bantu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bila baterai yakin masih fit, maka lakukan reset default. Bila tidak berhasil juga, ponsel bisa dilakukan flashing firmware ulang

      Delete
  16. Flash firware udah done, cek emmc done sehat, tp hape restart sendiri juga hang, udh d factory reset pula masih gtu2 aja..
    apa masalah hardware nya yaa ?
    kadang masuk menu kadang tidak ini note 3 ane.
    apa btre bisa pengaruh ? soalnya batre cpt habis cpt juga penuhnya pas d cas...

    ReplyDelete
  17. gan mau tanya dong hp samsung ane indikatornya menunjukan 51% terus, di isi lama pun gak berubah, sampe mati kehabisan baterai pun tetap 51%, udah gitu aplikasi bawaan berhenti sendirinya terus, dan gak bisa instal/ aplikasi apapun, itu kenapa ya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sistemnya bermasalah itu mas, coba kembalikan settingan sistem ke pengaturan awal atau bisa dilakukan hard reset. Bila tetap tidak mengatasi masalah maka lakukan flahing firmware ulang

      Delete
  18. Mas saya Mau nanya nih..Hp Samsung Note 4 saya kan setiap baterai nya sisa 60% Suka mati Sendiri tapi pas di hidupkan tiba tiba bateray saya habis 0% padahal tadi nya masih banyak sekitar 60%...Mohon jawaban nya Mas..

    ReplyDelete
  19. Asus z 5 saya tiap baterai 80% tiba2 mati sendiri, ktika di hidupkan kadang mati lagi tapi btterai ttap,kadang bisa bertahan kalo di mode aerplane ,kalo data seluler aktif gak kuat tiba2 mati lagi,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu bisa diakibatkan sel baterainya yang sudah tidak optimal/drop. Coba dahulu pinjam baterai hp teman yang sejenis, coba pasang,bila masalah selesi berarti baterai yang harus diganti.
      Bila tetap saja silahkan coba lakukan hard reset. Bila tidak menyelesaikan masalah berarti hardware dalam ponsel yg perlu dilakukan pengecekan

      Delete
  20. Gan hp saya samsung galaxy ace3 masalahnya adalah ,padahal batre baru di cas lalu saya mainkan sebentar tau tau hp langsung mati sendiri .lalu saya cas batre nya baru bisa hidup lagi tapi batre kosong ,padahal batre sudah ganti baru yang double power , lalu saya reset factory masih sama saja .gimana solusinya gan
    Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba diflashing ulang dengan firmware galaxy ace3. bila sudah di flashing namun tetap mati sendiri seperti kasus milik mas dadik berarti ada kerusakan komponen di dalam ponsel dan harus dilakukan pengecekan di tempat service.

      Delete
  21. Mohon info... Hp acer z520 saya sering rsstart sendiri, padahal batery masih full, untuk menghidupkan kembali harus di bantu di carger, kalo tidak carger ga mau idup

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indikator baterai full bukan jaminan isi baterai yang sesungguhnya mas.
      Bisa baterai yg sudah drop atau juga sistemnya yg bermasalah dalam menampilkan indikator.
      Cara paling mudah mengeceknya adalah dengan meminjam baterai sejenis (boleh milik teman),apabila tetap seperti keadaan semula cobalah untuk melakukan reset ulang atau bisa flashing firmware agar yakin sistem tidak bermasalah. Dan bila setelah baterai dan cara flashing sudah dilakukan namun gagal, berarti ada komponen dalam ponsel yg rusak.

      Delete
  22. Mohon jawaban....
    Hp saya Sony xperia zr kalau pada saat di cas ntuh hp hidup normal saat dimainkan. Kalau di mainkan pada saat tidak di cas dengan hubungan internet brapa kemudian suka mati sendiri. Dan tanpa internet tidak di cas ntuh hp normal saja. Mohon infonya ntuh hp saya knp???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada bberapa kemungkinan: pertama baterai sony xperia agan sudah hampir rusak cell2nya sehingga menyebabkan harus ada arus yang menyuplai secara terus menerus.
      Yg kedua: hardware didalam ponsel yg bermasalah.
      Solusi : coba agan memjnjam dahulu baterai (sebelum membeli nantinya) kepada teman yg baterainya sejenis. Bila tidak mengalami masalah berarti baterai minta ganti. Namun bila tetap demikian silahkan coba direset dahulu ke pengaturan awal. Bila dengan direset bahkan diflash tidak mempan maka harus dibawa ke tukang service untuk cek kerusakan komponen

      Delete
  23. Maaf gan kalo hp selalu full tapi diliat di deskripsi kinerja baterai tidak ada kinerja sama sekali. Itu gimana gan hp saya baru ganti baterai double power

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya gimana gan, kalau kondisi baterai full dan kinerja tidak ada berarti tidak ada resource baterai yang terpakai dan baterai tetap awet karena tidak ada beban kinerja

      Delete
  24. hp A6000 saya mati tiba tiba sudah
    1minggu.baru 2 bulan di beli

    ReplyDelete
  25. hp saya xiaomi suka mati sendiri/batre tau tau abis padahal batre masih ada sekitar 20% -30% kenapa ya gan, padahal baru berapa hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bila baterai masih bagus dan indikator masih 30an persen bisa mencoba mengkalibrasi ulang baterainya dengan aplikasi kalibrasi yg banyak tersebar di playstore. Bila tidak mengatasi masalah, coba lakukan reset sistem, biasanya sistem bermasalah bisa menjadikan noyifikasi indikator baterai tidak valid

      Delete
  26. Hape saya xiaomi mi4i kan batre nya setiap 50 persen suka mati gitu mah udh tes batre pake aplikasi kan itu batrenya masih Good

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apabila aplikasi kalibrasi menyatakan baterai bagus belum tentu sistem mendeteksi hal yang sama. Bisa juga dikarenakan sistem bermasalah atau bisa hardware yg trouble. Coba lepas kartu microSD lalu nyalakan kembali ponsel. Biasanya aplikasi/hardware microSD yg bermasalah bisa menyebabkan ponsel mati sendiri, itu dari pengalaman admin sendiri mbk rani

      Delete
  27. Mas gimana ya kok kalau hp saya batre nya uda 0% mati sendiri terus kalo udah 100% ga mau dicas lagi masalah nya apa ya??? , mohon solusi nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalu 0 persen tentu mati sendiri dan bila 100 persen tentunya tidak mau dicas lagi dong mas..hehe

      Delete
  28. mau nanya gan...hp saya gal core... udah ganti batre 2 kali masih tetep boros trus ketika baru charge kadang" langsung 99%...apanya ya kira"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah pernah dilakukan reset ?, Kemungkinan besar sistem atau hardwarenya bukan baterainya itu gan.

      Delete
  29. Hi mas. Tablet saya sering mati tiba2, padahal batrai dayanya 60%, saya sering cargher tablet semalaman. Apaķah itu bisa kenyebabkan tablet sering mati sendiri? Mohon bantuanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa juga baterainya yg sudah bermasalah... Coba dicoba dengan baterai lain (bisa pinjam teman), kmudian coba. Bila masih bermasalah coba lakukan reset. Bila tidak bisa lakukan flashing...
      Baru kalau msh bermasalah maka hardware yg perlu pengecekan

      Delete
  30. mas asus zen5 saya mati tiba2 klo chargeran dicopot, trus cuma muter2 di lambang asus ga bisa masuk menu klo casannya ga nyolok, pas dicolok casan baru masuk gitu aja trus mas, padahal udah di reset factory, apa batreynya ya yang fix rusak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau memang tanpa dicas ternyata tidak bisa masuk dan restart...itu biasanya bukan perkara baterai tapi sistem atau hardware yg bermasalah. Namun bila dengan cas tercolok dan HP normal tentu baterai yang fix minta ganti itu mas

      Delete
    2. owh gitu ya mas, masih mas infonya

      Delete
  31. Sama permasalahan saya, baterai masih cukup tapi tiba2 mematikan daya baterai 0% ..
    Gimana kalau baterainya Non Removable mas ?
    Kalau di reset berarti semua data hilang ya mas ? Aplikasi yg terinstal BBM WA LINE ilang semua ya ?

    Mohon pencerahannya.
    Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baterai non removable-pun juga bisa mengalami penurunan kualitas karena umur dan masa pemakaian, jadi bisa dicek dahulu apakah baterai bagus atau sudah lyak diganti.
      Bila baterai masih bagus dan android tetap mati sendiri bisa dilakukan reset ataupun flashing. Bila tidak mengatasi masalah berarti ada maslah pada komponen di dalam ponsel.
      Reset bisa menyebabkan aplikasi dan data internal memori terhapus.

      Delete
  32. Mas, mau nanya ni. Sebenarnya keluhan saya sama seperti pertanyaan2 diatas, batre saya suka mati sendiri kalo udah 50%-60%. Pas dihidupin tau2 tinggal 0% dan harus diminta dicharge seperti biasa, dan begitu2 seterusnya. Tapi yang saya herankan, hp saya ini hanya terjadi pada saat menghidupkan data seluluer aja, kalo dimatidan atau tidak menjalankan data ya bisa aman2 aja mas tidak ada mati mendadak. Kurang lebih baru seminggu ini saya ngerasaiannya. Sebelum nggak pernah sama sekali. Gimana ya mas ? Mohon pencerahannya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Posisi ponsel dengan sambungan data memang memerlukan asupan daya baterai yg besar. Jadi wajar bila sambungan data terhubung baterai cepat habis.
      Coba cara sederhana, pinjam dulu baterai milik ponsel teman (bila hp baterai removable), kemudian pasang dan cobalah. Bila ternyata masih tetap sama permasalahannya maka coba lakukan kalibrasi baterai

      Delete
  33. hape saya zenfone c, awalnya udh rusak simcard tp udh make wifi gamasalah, tapi makin kesini kalo hapenya dimatiin nyalanya lama bang pas dicabut batre cuma muncul logo asus aja pas dicas jg cuma muncul opetir doang gajalan dan lednya gamuncul, dicabut batre dinyalain lagi ttp bgtu, sosusinya apa ya makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba lakukan hard reset dulu mbak, posisi ponsel mati silahkan tekan tombol power dan tombol volume seccara bersamaan sampai muncul menu recovery... pilih reset data dan juga clear partition...

      Delete
    2. Selamat pagi mas saya mau tanya saya pke hp note 4 kalo dari aplikasi saya rasa tidak ada masalah hanya saja kadang2 sering mati sendiri biasanya lebih sering mati saat batre kutabg dari 40% tapi saya hidupkan kembali tidak ada masalah batre pun berkurangnya paling hanya 1/2% saja..kira2 itu penyebabnya dari apa ya mas.makasih

      Delete
    3. Ada bberapa sebab kejadian seperti yg mas fahmi alami, seperti baterai yg sudah tidak optimal, sistem yg bermasalah atau juga hardwarenya.
      Coba cek sederhana dengan mencopot memoriCard lalu nyalakan (terkadang masalah pada memori elsternal).
      Bila tidak manjur, silahkan reset ponsel.
      Bila yakin baterai masih bagus maka permasalahan ada pada hardware.

      Delete
  34. Kak mau nanya, baterai hp saya malah lebih kecil spertinya soalnya kalau casingnya di lepas malah langsung terlepas longgar gitu kak padahal dulunya itu gak pernahlepernahlepas tersendiri kalau cashing hp saya lepas. Itu kenapa yaa kak. Makasiihh kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu bukan baterainya yg mengecil, tapi konektor di ponsel yg sudah menekuk atau longgar...bisa diakali dengan mengganjal lipatan kertas di bodi baterai agar kuat

      Delete
  35. gan..nih hp ku ss gal core....kalo hp dinyalain harus sambil ngecas...pas hidup battrai langsung 100%..
    tapi kalo cas e dicabut hp nya ikut mati.....
    itu apanya ya...tolong bantuan nya mas.. udah direstart ga bisa..barusan tadi ganti hardware tc..juga masih gak mempan.....apa mungkin battrainya ya gan..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang step by stepnya bila kondisi hap seperti milik mas dia seharusnya terlebih dahulu diperiksa Baterainya, bila baterai bagus maka lanjut ke reset maupun hard reset, bila gak mempan dilakukan flashing, dan bila semua sudah dilakukan dan tetap seperti itu maka cara terakhir addalah melakukan pengecekan hardware atau komponen di tempat service...

      Delete
  36. battrai udah aku cek tadi mas...pas dicoba di hp lain normal aja..awet..
    bingung nih mas..mau diapain lagi hpnya......strees aku mikirin nih hp

    ReplyDelete
  37. Mau tanya, bateraiku jendol ,udh jendol boros,lalu ganti double Power tetap boros,lalu ganti baterai ori tetap boros kenapa ya?trus ketika baterai lemah 15% dimatikan lalu dicash kok naik jd 40% padahal barusan di matikan kenapa y

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah pernah direset ulang belom ?, kalau belum silahkan dereset ulang ke pengaturan awal, bila tidak menyelesaikan masalah coba dilakukan flashing.
      dan bila tidak mempan pula maka ada hardware ponsel yang bermasalah dan harus dilakukan pengecekan di tempat service

      Delete
  38. Ka mau nanya, hp saya samsung j5 batre saya udah mulai drop trus saya beli batre baru ada logo orinya, semenjak pake batre itu hp saya sering error dan mati sendiri. Saya coba pasang batre yg lama dan hp saya normal tapi cepat habis batrenya, mau beli yg baru takut hasilnya lebih parah. saya harus gimana ka? Solusinya yah ka?

    ReplyDelete
  39. mas riset nya gimana??? hp sy asus zen fone 4 ,tolong info nya mas

    ReplyDelete
  40. bang mau tanya dong, iPhone 4cdma saya itu kalau dicharger bisa nyala hp-nya, tapi kalau chargernya dilepas mati tuh hp, kira"masalahnya dimana ya bang ? dan kalau ada solusinya bagaimana ?
    thanks bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah sudah dicek kondisi baterainya ?, bisa baterai masih oke bisa melakukan kalibrasi baterai dengan aplikasi pihak ketiga agar daya yang ada benar2 ditampilkan sepresisi mungkin di layar

      Delete
  41. Mas hp saya kan lenovo p70-a...kenapa ya mas ketika saat saya hidupkan layar ngak lama...tiba2 mati...dan saat saya reset batrei ngak apa2 ttp sama daya batreinya...dan saat di cars hp saya ngak nge restar

    ReplyDelete
  42. bagi solusi mas .. hh saya asus .. numpang tanya nih .. hh saya sering mati sendiri. setiap saat malahan. tapi kalo keadaan di carg normal .ini yg rusak hardware atau battrey ya mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sering kejadian seperti kasus mas adalah dari sisi baterai. Sarn saya sebelum beli kalau bisa pinjam dulu baterai sama teman yg tipe bat sama. Bila masih bermasalah maka bisa sistem yg bermasalah maupun hardware.. jadi urutan penyelesaiannya : 1. Coba ganti baterai, 2. Reset ponsel, 3. Cek hardware.

      Delete
  43. Kak kalau tablet saya itu kalau di charger mati dengan sendirinya kenapa y

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan besar ada konsleting di sirkuit, bisa di slot charger maupun di sisi baterai sendiri... coba gunakan charger lain, bila tetap mengalami masalah tablet mati maka perlu dicek jalur dari port masuk charge sampai sirkuit masuk ke baterai.... semoga membantu

      Delete
  44. Ms mhn pencerahan hp sy core duos klau di pasang batre gk lama stlh hidup mati padahal batre sdh di cas pakai destock 100 % tapi. Bgitu di pasang di hp sy malah nol % gmna ya solusinya klau sy cas pakai carger tdk masuk,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastikan baterai masih sehat (normal), Bila baterai masih bagus dan pakai desktop charger masuk dan bisa penuh lalu ketika dipasang dan dilakukan charge via alat charge tidak bisa masuk maka cara pertama cek alat charge, kemudian cek juga konektor charge yang menuju ke port ponsel... untuk memastikan bisa pinjam alat charge dari teman..kalau masih tidak bisa masuk juga maka masalah ada pada hardware maupun jalur charging yang ada di dalam ponsel... bisa port konektor ponsel maupun jalur dan komponen

      Delete
  45. Mas mau tanya nih.. baterai hp saya terindikasi kurang lebih 40% dilayarnya . Tapi kok dengan sendirinya ke menu-home berulang kali. Padahal hp saya udah saya flashing.. kerusakan di bagian apanya nih mas??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya ke menu home yg tampiln screen awal atau ke bagian awal booting ?

      Delete
  46. Mas saya mau nnya knp hp saya klo sambil d cas nyala
    Tapi klo gx sambil d cas langsung mati
    Itu knp ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bis karena baterai yg sudah rusak. Bila batarai bagus coba kalibrasi ulang baterai dengan aplikasi kalibrasi baterai yg banyak tersebar di play store.
      Bila tidak mengatasi masalah, coba reset ulng / flash androidnya..bila tidak juga selesai masalahnya maka ada hardware yg bermasalah

      Delete
  47. mas . saya mau tanya .. HH ane ngecas lama banget penuhnya . kalo batre sudah 40%-50% sering mati . di hidupin lagi nggak nyala tapi kalau battre di copot nyala . itu apa ya masalahnya .. Posisi HH ane samsung j5

    ReplyDelete
  48. Hp saya samsung galaxy j7 belom ada setahun tp abis jatoh dari tangga hp nya kira2 4 anak tangga. Besoknya hp nya lgi dimainin mati sendiri. Udh coba copot batre ttp gamau nyala. Pas dicolokin charger nyala. Pdahal batre masih banyak itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa kejadian pas dicolokin charger baterai posisi dilepas ?, kalau iya maka itu juga suatu kesalahan karena arus dari charger tidak stabil dan bisa mnyebabkan komponen rusak.
      bila posisi baterai tertancap dan dicolokin charger menyala dan bila tidak tertancap charger Hape mati (kondisi baterai masih bagus) maka ada bagian IC yang bermasalah atau bisa juga terlepas di beberapa node kaki IC karea proses benturan.
      saran saya coba bawa ke tempat servis untuk melakukan pengecekan hardware

      Delete
  49. Hp saya kalo on data sering mati padahal dayanya baru +50% tapi kalo ga on data hpnya kau normal gitu, itu kenapa ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan pertama adalah baterai sudah tidak normal, coba kalibrasi baterai dengan manfaatkan aplikasi kalibrasi baterai.
      Dalam kondisi on data maka asupan daya baterai lebih besar sehingga daya baterai cepat habis.
      Bisa dicoba opsi kedua yaitu lakukan reset (ke pengaturan awal)

      Delete
  50. selamat sianng gan,saya mau tanya tentang batre iphone saya.batre masih 50% tiba tina mati sendiri dan jika di nyalakan lagi masih tetap 50% akan tetapi berkurangnya sangat cepat lamgsung ke 10%.apakah batre iphone saya sudah drop atau bocor dan rusak gan.dan cara mengatasinya bagaimana gan,terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Umumnya OS atau sistem tidak akan akurat dalam mendeteksi isi daya baterai, untuk bisa memastikan baterai sudah bocor atau rusak bisa melakukan kalibrasi baterai yg bisa diunduh di playstore

      Delete
  51. Samsung tab 3 saya cepat penuh juga cepat habis, masalanya ketika posisi dari penuh sampai 99% itu ga sampai sapai setenga jam untuk di gunakan sebagai mana mestinya namun ketika tinggal 1% bisa di gunakan 1 setengajam walaupun layar redup. Dan ketika di charger dalam waktu kurang dari setenga jam batry suda full, mohon kejelasan dan cara memperbaikinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kemungkinan sistem yang bermasalah, coba lakukan kalibrasi baterai dengan aplikasi kalibrasi. bila belum mengatasi masalah, coba lakukan reset terhadap ponsel.

      Delete
    2. Gan mau nanya dong, hape saya asus batrai nya tanam. Tiba tiba nge hang. Pas mau dinyalain logo asusnya nyala, tapi setelah itu layar mati tapi kalau ada pesan/telp masih tetap bunyi suara. Gimana cara benerinnya?

      Delete
  52. Gan Tolong ini sya pake Himax Y12 dicaz udah 100% dalam kondisi mati, tapi pencet tombol power ga bisa nyala, gimana tolong ya

    ReplyDelete
  53. Saya pake batre baru beli pas masih 50% tba tba hp mati trus tgl 1 % sedangkan pake batre yg lama(udh kembung) Bisa smpe 5% tapi hp ga mati ,itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak kejadian seperti yang agan alami, Baterai di pasaran memang berbeda kualitasnya. Bisa jadi baterai yang agan beli walau ampere sama namun kualitas cell dalam baterai yang tidak maksimal menyimpan daya

      Delete
  54. Solusinya gimana ya gan apa ganti baterai lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba klaim garansinya ke penjual baterai sekalian nanti sama si penjual akan ditest dan direkomendasikan baterai yang cocok (merek+kualitas) yang sesuai dengan ponsel mbk Fanma

      Delete
  55. Gan mau tanya HP Samsung j1 tu HP awet bener kalo posisi di atas 30 % seharian masih oke, tapi setelah 30% langsung ke nol mati minta cas dan indikator langsung 0%.Apakah pengaruh dengan sistem yg belum di upgrade ta? soale ada upgrade an yg belum saya upgrade di sistemnya, dan mohon solusinya. mohon pencerahannya makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. upgrade sistem bisa meningkatkan performa, yang salah satunya bisa membuat baterai hemat.
      Namun bila punya si mbak ponselnya sudah lama belinya dan ada problem seperti diatas maka buka karena sistemnya namun bisa masalah baterai, sistem maupun hardware yang bermasalah

      Delete
  56. Apakah masih bisa kalo di kalibrasi ya? belum pernah sama sekali kalibrasi soalnya, bila masalah hardware penyebab nya kira2 di bagian apa? apakah perlu di bawa ke SC? ni HP sudah 1 tahun btre tidak gelembung kok gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dicoba dikalibrasi dahulu baterainya, kalau sudah dan tidak mengatasi masalah bisa saja baterai yang sudah berkurang kinerjanya.
      Baterai walau tidak menggelembung namun cell sudah rusak bisa saja mengurangi daya simpan.
      Cara paling efektif yaitu coba cari teman yang punya baterai sejenis, bila memang mesalah teratasi baru beli baterai baru.
      Namun bila belum teratasi maka hardware-nya yang kena, bisa dibawa ke SC atau tempat servis terkenal di dekat si mbak...

      Delete
    2. oke gan nanti di coba dulu...makasih ya sukses terus!

      Delete
    3. terima kasih do'anya...semoga problem gadgetnya cepat teratasi :)

      Delete
  57. Ka hp saya port usb nya kendor,kalo ngecas kadang masuk kadang nggak, dan kalo ngecas lama banget penuhnya, sedangkan habis batrenya lebih cepat, padahal batrenya baru. Apa saya harus ganti port usb atau bagaimana ka? Solusinya? Hp saya samsung j5

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba pinjam teman dulu charge dengan ampere yang lebih besar apakah bisa cepat watu ces atau tidak.
      untuk konektor kendor bisa jadi konektor charge atau konektor di ponselnya. bila sudah memakai charge lain tetapi masih juga sulit masuknya (kadang masuk kadang tidak) maka harus dilakukan penggantian konektor di ponsel.
      untuk baterai cepat habis bisa disebabkan oleh kondisi baterai yang sudah mulai menurun kualitas cell penyimpanan.

      Delete
  58. Mohon bantuanya gan hpa saya samsung a52016 batreinya udah bengkang tp udh dgnti dgn ori sein tp setelah dgnti d cras full 100% setelah d cbut jd 94% kemudian batrei msi 15% mati jd 0% gmna tu gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba lakukan kalibrasi ulang terhadap baterai yang masih baru tersebut agar notifikasi bar di layar bisa presisi menunjukkan prosentase daya

      Delete
  59. Ini kenapa ya hp saya batrai nya masih diatas 70℅ tapi suka mati sendiri,kalo dicas terus dihidupin lagi batrai Malah nambah banyak ,dan hp sudah direset ulang,kira"itu batrai HP says kenapa?

    ReplyDelete
  60. Mohon bantuannya apa yg pernah ngalamin ...baterai saya 100% trs..klw saya cas lama kuat pe 5 jm.tp klw sebentar langsung mati...yang jd pertanyaan klw saya pake 5 jam itu tetep aja 100% jd ga tau kapan harus cas.. Ada yang tau masalahnya dimana...

    ReplyDelete
  61. hp saya zenfone 3 max baru smggu pemakaian batrei tiba2 hbs smp 50% pdhal lgi offline.. knp ya gan?? sy bnguung..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalah baterai cepat habis bisa karena sistem maupun hardware.
      Untuk masalah sistem coba lakukan kalibrasi baterai.
      Bila sudah dan tidak berubah, bisa jadi baterai memang bermasalah atau hardware yg juga mengalami masalah

      Delete
  62. saya beli baterai baru beberapa minggu yg lalu karena baterai yg lama dibuang , tapi setelah saya pakai baterai nya ntah kenapa hp saya sering tiba tiba mati padahal persentase baterai nya bagus , lalu hp nya gak hidup mau gk mau saya ngecas lagi . apa sebab nya sehingga hp saya sering beagitu atau karena baterai nya palsu atau gimana ? Tolong jelaskan mas ... !

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya bukan baterainya yang palsu mas, coba dicek apakah ampere baterainya sama dengan yang aslinya ?, bila di bwahnya-pun seharusnya prosentase tetap menunjukkan kapasitas beterai ponsel walau cepat habis.
      Dilihat dari problem di ponsel mas sutan umumnya ada sistem yang bermasalah, coba lakukan kalibrasi baterai dengan menggunakan aplikasi yang benayak ada di playstore atau market lainnya. SSesudah dikalibrasi ulang bila tetap seperti itu dan yakin baterai masih bagus maka bisa saja hardware ponsel yang sudah menurun kualitasnya.
      Sebelumnya silahkan pinjam baterai yang sejenis pada teman atau kerabat bila tetap seperti itu berarti bukan baterainya yang bermasalah

      Delete
  63. Mau nanya nih kak, hpku kan baru sekitar 1bulan lalu, tapi sudah 2x mati idup sendiri tanpa penyebab, kira kira kenapa ya kak? (Batre tanam)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau baterai dan ponsel masih yakin bagus biasanya kejadian yang tidak terlalu sering ponsel mati hidup sendiri disebabkan adanya crash aplikasi atau sistem, bisa juga disebabkan beban RAM yang terlalu tinggi sehingga ponsel restart dengan sendirinya

      Delete
  64. gan tolong pencerahan.a
    hp saya normal klo d cas tp suka tiba" mati padaha indikator batre msih 50, sya dah coba reset hp k default ttp ja masalah.a tak terpecahkan..
    tolong gan solusi.a !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi baterainya yang bermasalah, coba kalau bisa pinjam baterai teman yg semerek, bila tetap drop dan mati sendiri bisa dsebabkan komponen dalam ponsel yg bermasalah.

      Delete
  65. Gan hh saya suka mati ngedadak padahalkan batreinya masih 50%, kondisi batre masih bagus gak kembung umur batrei kira kira 1taun ,terus pas dicas si layar suka gerak gerak gitu + ngisi dayanya lama banget, udah cuba sih pake casan temen , penyakit yang gerak gerak nya ilang tapi ngisi dayanya tetep lama, kira kira itu apanya ya gan? Mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ganti alat charge dengan yang lain, biasanya ada kebocoran tegangan di alat chargernya bila layar bergerak-gerak sendiri dan tidak fokus bila disentuh. Untuk baterai yang sudah 1 tahun digunakan tentunya dari kapasitas penggunaan perharinya bisa jadi baterai sudah mengalami penurunan kualitas penyimpanan daya

      Delete
  66. kak mau tanya dong, hp saya xiaomi redmi note 3 pro. biasanya charge nya cepet, tapi mendadak semalem charge nya lamaa banget dari jam 1 malem sampe jam 7 pagi masih 80 persen.. itu kenapa yaa? makasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah ponselnya sudah dicoba untuk direstart / reboot ulang ?, biasanya karena adanya kesalahan sistem menjadikan proses pengisian tidak sesuai dengan yang ditunjukkan di layar notifikasi daya...

      Delete
  67. Gan aku mau tanya nih, aku punya asus zenfone 2 selama ini sih normal tk da apa-apa. tapi setelah kucoba download file utk menaikkan ke versi 6, di bilang teman hati2 , setelah itu file itu ku hpus setelah dua hari lagi main game tiba tiba hp mati padahal baterainya 80%, ku cas seharian dan baterai penuh ku hidupkan sebentar hidup sampai muncul asus android trs mati lg, kucoba hidupkan lg cuma ada getaran saja.gmn tu gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya sudah berhasil itu mas zenfone-nya diupgrade, 2 hari bisa dipakai main game. ada beberapa kemungkinan ponsel tidak bisa menyala lagi dan hanya getar dan tampil logo atau bootloop, bisa sistem yang bermasalah atau versinya memang tidak mensupport sepenuhnya setiap aplikasi yang dijalankan. saran saya coba lakukan mode recovery, kalau bisa pakai stock ROM yang originalnya dulu

      Delete
  68. Bro aku baru beli batre baru di karenakan batre lama udah kembung terus yang jadi masalahnya hpku udah ku charger sampe full dengan cara di matikan, pas di hidupkan dan aku gunakan utk main game browsing dan pada saat batre tinggal 30% tiba-tiba mati sendiri dan persentase batre ke 0% ni gimana ni bro? Batre baru ku beli kemarin, rencana mau komplain sama konter minta ganti yang lain, solusi nya gimana bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah baterai lama juga seperti itu mas?, ada beberapa kemungkinan penyebab kejadian baterai drop, bisa dari kualitas baterai dan daya baterai yang tertera.
      solusinya coba baterai dicopot kemudian dicharge dengan alat desktop charge...sampai full kemudian coba pasang dan mainkan ponselnya, bila prosentase baterai ternyata masih banyak dan mati sendiri saya kira bukan baterainya, bisa dari sistemnya yang salah dalam pembacaan atau hardware ponsel...
      coba klaim dulu baterai, bila ternyata tetap, silahkan cek hardware atau coba reset ke pengaturan awal dulu.

      Delete
  69. Gan, tab 3 smt211 kalau baterai di 51% kebawah kalau data seluler hidup nanti tiba2 mati mendadak. dihidupkan kembali juga gtu mati mendadak dan indikator baterai paling berkurang 1% aja, tapi kalau data off buka2 video HD di galeri aman2 aja walau baterai dibawah 50, dan baterai masih kuat sekali. ini hanya bermasalah kalau data on dan baterai di indikator 51 kebawah. kalau diatasnya normal2 aja.. nah ini masalahnya dimana ya?

    ReplyDelete
  70. Maaf mas nanya...HP aku dicas hidup saat dicabut mati tombol power sy pencet muncul logo tp trs mati lagi apa masalahnya y mas mohon pencerahannya suwunnn...

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah baterai sudah dicek normal ?, kalau baterai HP masih normal coba dilakukan flashing firmware. bila tidak mengatasi masalah berarti terkena hardwarenya

      Delete
  71. mas samsung tab 2 saya sinyalnya hilang hilang sendiri dan batreinya cepet habis kalau di cas kadang masuk kadang enggak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara pertama bisa dicoba melakukan flashing firmware samsung tab, bila tidak mengatasi masalah umumnya sinyal hilang2 ada kerusakan ic pm ..saya sarankan dibawa ke tempat service yg berpengalaman untuk mengatasi tab agan..

      Delete
  72. kak tolong dijawab,jadi saya pnya hp samsung a52016 batere nya sudah kembung dan,misalkan batere msh 100% ini gabisa nyala tanpa bantuan charge,kalo gapake charge cmn nyala sebentar lalu mati lagi,ini ada masalah di mana nya ya?solusi nya gimana kak?
    terimakasi,tolong dijawab ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kondisi baterai yang kembung karena kerusakan pada cell2 baterai..jadi wajar bila daya tidak akan kuat untuk mensuplay arus di ponsel walau sudah dilakukan pengisian sampai 100 persen dan harus dengan dorongan arus tambahan dari power suply (alat charger)... lebih baik lakukan penggantian baterai dengan yang baru agar komponen dalam ponsel juga semakin awet tidak selalu memfilter tegangan masuk dari alat charger secara terus menerus

      Delete
    2. okeee terimakasih yaa kak

      Delete
  73. MAS,, hp saya baterenya masih 90%. Tapi tiba - tiba mati begitu aja, ketika saya charger malah HPnya gak mati sama sekali. Tapi kalo chargernya dicabut, hpnya langsung mati lagi. Itu kira - kira solusinya gimana ya gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengecekan pertama harus pada baterainya sendiri, jadi cek apakah baterai kondisinya masih layak atau sudah kurang optimal bisa dilihat dari seberapa lama dipakai (masa pakai)... apakah baterai melembung ?, kalau yakin baterai bagus, coba lakukan kalibrasi ulang dengan aplikasi kalibrasi baterai di play store. Sesudah kalibrasi ulang silahkan coba matikan ponsel dan charging sampai penuh, kemudian nyalakan...
      Bila belum mengatasi masalah, bisa dengan melakukan reset ulang ponsel ke pengaturan awal agar sistem kembali fresh ( bisa juga degan recovery)..
      dan bila belum berhasil kemungkinan besar ada masalah pada hardware atau baterai ponsel itu sendiri...

      Delete
  74. Gan kenapa ya batere dari 100 ke 70 lama banget habisnya, tapi udah 70 kebawah cepet banget abisnya(indikatornya menurut saya aneh masa awalnya lama jadi cepet berkurangnya). Gimana ya mas solusinya(batere tanem)

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba lakukan kalibrasi baterai dengan menggunakan aplikasi kalibrasi. Bila masalah tetap maka bisa dilakukan reset ulang ponsel agar sistem kembali normal.
      Ada cara paling udah mendeteksi apakah baterai agan masih bagus atau tidak yaitu meminjam baterai milik teman yang serupa/se-type dan memasangnya di HP agan, bila kondisi tetap maka bisa kesalahan padda sistem dan hardwarenya

      Delete
  75. Minta Pencerahan bis... hp saya note 4 samsung sering mati sendiri tp pada saat proses menghidupkan kembali harus batre di cabut dulu baru bisa hidup normal ...!!! Tp klo pada saat pake sambil dicas gk pernah mati2

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek dahulu apakah baterai masih bekerja baik ataukah tidak, caranya mudahnya dengan meminjam baterai milik teman atau kerabat dari ponsel samsung sejenis..bila tidak menyelesaikan problem langkah pertama coba reset ponsel dengan settingan ddefault atau langkah recovery.. dan yang terakhir lakukan flashing bila memungkinkan..
      bila tidak juga menyelesaiakan problem maka ada kemungkinan hardware yang bermasalah dan harus dilakukan perbaikan

      Delete
  76. Mas mau tanya hp saya zenfon c awalnya bootlop setelah saya factory Reset udah ga nyngkut di logo tapi pas mau masuk menu peringatan baterai lemah langsung hp mati pdahal baterai di cek di dekatop ada isi stengah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk test di desktop juga belum presisi, coba test menggunakan avometer agar tahu persis berapa tegangan dari baterai.. bila yakin baterai masih bagus dan masih fuull dayanya maka bisa mencoba melakukan recovery ulang sekali lagi.. ada kemungkinan juga file sistem yang bermasalah

      Delete
  77. Bang mau nanyak ,hp ku kemaren saya main kan sampai habis total ,lalu saya cas sampai seharian tapi gak nyala ,tapi ada muncul pemberitahuan sedang cas ama keterangan isi batrai tapi cuman muncul bentr lalu hilang dan gak muncul muncul lagi ,pada hal batrai sudah full ,kira kira itu apa nya yh bang,

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari keterangan agan diatas baterai sudah full?, memang kalau sudah full pastinya bila di charge akan tampak notifikasi sebentar proses pengisian lalu hilang itu normal karena baterai sudah full dan arus masuk terputus otomatis.

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...

loading...